Pelantikan Pramuka Penggalang SMP Labschool Jakarta 2016

Pelantikan pramuka ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di Studio Alam TVRI, Depok. Pelantikan sudah diberitahukan setidaknya tiga minggu sebelumnya sehingga kami sudah mempersiapkan materinya sangat matang. Dimulai dengan apel keberangkatan pada pukul 06.30 sampai pukul 07.00 yang berisi amanat dari kepala sekolah dan para dewan guru. Lalu, dilanjutkan dengan berbaris sesuai tronton yang sudah ditentukan. Setidaknya ada tiga kelompok di setiap tronton. Di tronton, kami bercanda dan tertawa meskipun ada yang tertidur. Setelah sampai, kami diminta untuk berbaris sesuai kelompok dan duduk. Disitu kami apel sebentar dan beristirahat karena letih dari tronton. Setelah melepas letih, para ketua kelompok diminta untuk berkumpul di suatu tempat dan mendengarkan penjelasan dari kakak pembina. Selesai mendengarkan, para ketua meminta anggotanya untuk menyiapkan keperluan untuk memulai sebuah penjelajahan. Kami pun berbaris dan dilepas sesuai urutan oleh kakak pembina.


                
            Di pos pertama, terdapat ujian untuk kode kehormatan yaitu, Dasa Dharma dan Trisatya lalu ditanyakan pula pengamalannya untuk kegiatan sehari-hari. Setelah selesai menjawab semua pertanyaan pada pos satu, kamipun melanjutkan perjalanan ke pos kedua. Disana, kami diminta untuk berbaris rapih sambil menunggu giliran untuk diuji. Ternyata, yang di uji di pos kedua adalah semapur. Kami diajari semapur selama 2 kali dan diminta untuk menebak kata yang diberi oleh kakak pembina. Setelah benar menebak, kami langsung maju ke pos ketiga. Disana, kami diminta untuk membuat tandu menggunakan dua tali/tambang dan dua tongkat. Kami diminta untuk mengukur badan teman kami yang paling ringan dan kecil supaya tidak berat saat mengangkatnya. Tandu ini memiliki dua jenis simpul yaitu, simpul pangkal dan simpul jangkar. Karena kami tidak terlalu hebat dalam tali menali, seringkali kami meminta panduan dari kakak pembina. Setelah selesai membuat tandu dan muat, kamipun pergi ke pos keempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tadi. Di pos keempat, tantangannya adalah membawa tandu yang berisi teman kami. Tetapi, disini banyak rintangannya seperti melewati jaring dari atas; tengah; bawah, tidak boleh menginjak bambu, harus menginjak huruf alphabet, dll. Setelah selesai, ternyata itu adalah pos terakhir yang harus kami lewati. Kami langsung pergi ke tempat kami tadi apel dan dilanjutkan oleh materi PBB lalu penyelesain kode morse ,dll. Karena tidak memakan waktu yang lama, kamipun sholat dan dilanjutkan oleh makan siang. Makan siang kami bawa dari rumah dan dimakan sesuai dengan kelompok dengan alas tikar yang sudah dibawa oleh seorang anggota kelompok. Selesai makan siang, kami banyak bercanda dan banyak juga yang jajan di sekitar tempat kami makan tadi.


                Setelah itu, kami mulai persiapan upacara pelantikan. Kami diminta untuk berbaris sesuai kelompok yang biasa kami lakukan di Hallma yaitu membentuk huruf ‘U’. Kami mengulang-ngulangnya sampai semuanya benar-benar siap. Setelah siap, kamipun melaksanakan upacara pelantikan sekaligus apel penutupan. Selesai itu, kami di istirahatkan dan diberi minum karena agak letih. Lalu, kami mengambil barang bawaan kami dan kembali ke tronton yang kita naiki saat berangkat tadi. Sama seperti saat berangkat, di jalan kami bercanda dan bercerita tentang keseruan saat disana. Saat sampai, kami langsung turun dari tronton dan menemui penjemput kami. Setelah bertemu, kami berpamitan dan kembali ke rumah masing-masing.

Share:

0 komentar

Animated Rainbow Nyan Cat